Auto Follow

download buku islam dan sosialisme pdf

PDF Islam & Sosialisme - H.O.S Tjoktoaminoto

Pdf Islam dan sosialisme

PDF Buku Islam dan Sosialisme - H.O.S Tjokroaminoto ;

Bagi Tjokroaminoto, Islam dan sosialisme bukan dua kutub yang berseberangan dan menjadi pertentangan. Justru malah sebaliknya, keduanya bisa saling melengkapi dan menghasilkan penciptan yang sangat keren. Tjokroaminoto adalah salah satu tokoh muslim pertama di Indonesia yang menggambarkan perpaduan Islam dan sosialisme untuk pertama kalinya.

Tjokroaminoto memaknai sosialisme sebagai hubungan pertemanan/persahabatan. Sosialisme berprinsip satu untuk semua dan semua untuk satu serta saling bertanggungjawab antar-sesama, atau dalam bahasa Tjokroaminoto: “Cara hidup yang hendak mempertunjukkan kepada kita bahwa kita adalah yang memikul tanggung jawab atas perbuatan kita satu sama lain.” (Tjokroaminoto, Islam dan Sosialisme, 1963:9).

Prinsip sosialisme seperti yang dipaparkan Tjokroaminoto itu sulit diterapkan dengan baik jika tidak dilandasi dengan dasar agama. Bahkan, sosialisme justru bisa menyesatkan dan membawa kerusakan kepada manusia. Di sinilah Tjokroaminoto meramu perpaduan antara prinsip-prinsip sosialisme dengan ajaran Islam.

"Sosialisme hanyalah bisa menjadi sempurna apabila tiap-tiap manusia tidak hidup hanya untuk dirinya sendiri saja sebagai binatang atau burung, tetapi hidup untuk keperluan masyarakat bersama, karena segala apa saja yang ada hanyalah berasal atau dijadikan oleh satu kekuatan atau satu kekuasaan, ialah Allah Yang Maha Kuasa" (Tjokroaminoto, 1963: 71).


Download PDF Dibawah ini :

1 Response to "download buku islam dan sosialisme pdf"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel